Opini: Sepakbola Adalah Tim. Optimis!

Friday, September 7, 2012

Kayamba (Facebook.Com)

Manajemen Sriwijaya FC (SFC) akhirnya melepas beberapa pemain yang menjadi kunci dan tulang punggung musim lalu ketika meraih juara ISL. Termasuk nama Kayamba yang merupakan top skor tim. Selain itu terdapat nama Hilton Moreira, Firman Utina, Supardi Nasir, dan Muhammad Ridwan. Nama-nama yang disebutkan tadi merupakan pemain langganan starter.

Pro kontra terjadi dalam keluarnya para pemain tersebut, terutama Kayamba yang dianggap pendukung SFC sebagai salah legenda hidup SFC. Tidak sedikit suara yang menyesalkan dilepasnya Kayamba oleh manajemen SFC. Terdapat juga beberapa suara sumbang dengan nada pesimis, makian, dan hujatan kepada manajemen. Tetapi banyak juga yang bersikap optimis dan berpikir positif kedepannya dan menganggap dilepasnya Kayamba bukanlah suatu masalah karena sepakbola tim.

"SFC tidak tahu terimakasih" dan "Tanpa Kayamba SFC tidak akan juara lagi". Demikian sedikit inti kalimat yang terlihat di media sosial macam facebook dan twitter. Ungkapan kekecewaan karena pemain kesayangannya dilepas dan ungkapan pesimis akan nasib SFC kedepannya tanpa Kayamba.

Tidak bisa dipungkiri dan diragukan lagi. Kayamba adalah salah satu pemain yang berjasa sehingga SFC dapat meraih seluruh gelar di kompetisi nasional. Sedikitnya sudah 9 gelar dipersembahkan oleh Kayamba untuk SFC. Lalu apakah tanpa Kayamba SFC tidak akan meraih gelar lagi? Tentu saja tidak. SFC akan tetap berusaha untuk selalu memburu gelar juara dan mempersiapkan tim dengan maksimal.

Dalam kehidupan sebuah hal biasa yang namanya perpisahan, kepergian, dan kehilangan. Sebagai manusia yang baik tentu kita harus tetap menatap masa depan dan meraih prestasi yang lebih baik lagi. Kita harus optimis. Sepakbola adalah tim, bukan individu.

Dalam kerja sama kontrak kerja, pemain dan klub punya hak dan kewajiban. Jika tidak terjadi kesepakatan atau salah satu pihak enggan lagi melakukan kerja sama dengan pihak lainnya maka sah saja jika terjadi pelepasan pemain, termasuk terhadap seorang Kayamba, karena sebuah hal lumrah dalam kontrak profesional. Tentu saja tanpa mengurangi rasa hormat dan terimakasih atas jasa kepada SFC.
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy