Sriwijaya FC Menjauh Dari Persipura

Sunday, May 6, 2012

Tuan rumah Sriwijaya FC berhasil mengandaskan perlawanan tim PSAP Sigli dalam lanjutan Indonesia Super League  yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (06/05), dengan skor 3-1. Ketiga gol Sriwijaya FC dicetak oleh pemain belakang asal Prancis, Thierry Gathuessy dan sepasang gol dari Kapten Tim Nasional Indonesia, Firman Utina.

Sejak peluit kick off dibunyikan oleh wasit Thoriq M. Al Katiri, Sriwijaya FC langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Tanpa dua pemain andalan, Lim Joon Sik dan Hilton Moreira karena akumulasi kartu kuning, Sriwijaya FC menurunkan Ahmad Jufriyanto dan Siswanto untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Lim dan Hilton.

Pada menit ke-3' Sriwijaya FC langsung mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol melalui Keith Jerome Gumbs. Namun tendangan Gumbs masih melambung tinggi di atas mistar gawang PSAP Sigli yang dijaga oleh M. Syahbani. Gumbs yang menjadi penyerang tunggal di lini depan Sriwijaya FC dibantu oleh dua pemain sayap, Muhammad Ridwan dan Siswanto kembali mendapat peluang, namun sontekannya masih belum tepat sasaran.

Terus ditekan para pemain PSAP Sigli yang dimotori oleh Feri Komul dan Sekou Camara di lini depan mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-6' melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Feri Komul. Namun tembakkannya masih belum membahayakan gawang Sriwijaya FC yang dijaga oleh Ferry Rotinsulu. Keasyikan menyerang PSAP Sigli malah kebobolan melalui serangan balik cepat Sriwijaya FC pada menit ke-10'. Pemain belakang Thierry Gathuessy yang melakukan penetrasi ke lini depan berhasil memberikan umpan kepada Gumbs dan dengan sekali sentuh Gumbs melakukan crossing yang berhasil diselesaikan oleh Thierry dengan sebuah tendangan akurat. Skor 1-0 untuk Sriwijaya FC.

Unggul 1-0 membuat Sriwijaya FC menurunkan tempo permainan. Namun beberapa peluang sempat tercipta melalui Siswanto pada menit ke-14' yang tendangannya masih bisa diblok oleh Feri Komul dan pada menit ke-39' kembali Siswanto gagal memaksimalkan peluang mencetak gol setelah tendangnnya melambung di atas mistar PSAP Sigli. Pada babak pertama Mahyadi Panggabean mendapat kartu kuning pada menit ke-31' dan pada menit ke-45' Ahmad Jufriyanto mendapat kartu kuning. Hingga peluit jeda babak pertama dibunyikan Sriwijaya FC tetap unggul 1-0 dari PSAP Sigli.

Babak kedua dimulai Sriwijaya FC langsung kembali menekan PSAP Sigli sehingga membuat lini belakang PSAP Sigli yang digawangi Soung Young Lee dan Stembiaso kocar-kacir. Hingga akhirnya pada menit ke-54' gawang PSAP Sigli kembali kebobolan melalui gol Firman Utina setelah kiper Syahbani gagal mengantisipasi tendangan sudut Firman. Skor 2-0 untuk Sriwijaya FC.

Unggul 2-0 Sriwijaya FC terus menekan, sebuah tendangan yang dilakukan oleh Gumbs masih dapat dimentahkan oleh kiper Syahbani. Kemudian pada menit ke-64' heading Thierry memanfaatkan tendangan bebas Ponaryo Astaman masih melebar sedikit dari gawang PSAP Sigli.

Pada menit ke-67' pelatih PSAP Sigli, Jessy Montanu, memasukkan penyerang muda Sayuti untuk menggantikan Feri Komul yang terlihat kurang maksimal permainannnya. Namun, pergantian pemain yang dilakukan tidaklah berjalan baik, PSAP Sigli kembali kebobolan melalui gol Firman Utina pada menit ke-69'. Gol tercipta setelah Firman mendapatkan bola hasil pantulan tendangan pemain PSAP Sigli yang mengenai wasit. Dengan tenang Firman mengelabui pemain belakang PSAP Sigli. Sriwijaya FC unggul 3-0.

Belum puas dengan tiga gol yang tercipta, pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi memasukkan penyerang muda Risky Nopriansyah untuk menggantikan Siswanto pada menit ke-76'. Menit ke-81 PSAP Sigli mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah Ferry dianggap melakukan pelanggaran. Selain memberikan penalti untuk PSAP Sigli, wasit juga memberikan kartu kuning untuk Ferry. Walaupun sempat diulang, eksekusi penalti yang dilakukan oleh Sekou Camara berhasil mematahkan rekor cleansheet Sriwijaya FC selama 442 menit.

Disisa waktu pertandingan Sriwijaya FC mendapatkan peluang melalui Ridwan pada menit ke-85', namun tendangnnya masih melambung. Menit ke-86' Jamie Coyne memperoleh kartu kuning perdananya di ISL. PSAP Sigli kembali mendapat peluang melalui sekelimit yang terjadi di depan gawang Sriwijaya FC, namun terjadi pelanggaran terhadap Ferry Rotinsulu yang mebuat wasit harus meniup peluitnya.

Hingga peluit akhir dibunyikan, Sriwijaya FC tetap unggul 3-1. Sriwijaya FC makin meperkokoh posisinya di pucak klasemen sementara ISL dengan poin 51, unggul 3 poin dari Persipura Jayapura yang berada diperingkat kedua. Sriwijaya FC akan kembali bermain pada tanggal 14 Mei 2012 menghadapi tuan rumah Persidafon Dafonsoro.
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy