Sriwijaya FC Hantam Persisam

Sunday, March 4, 2012

Logo ISL (www.ligaindonesia.co.id
Sriwijaya FC berhasil memperpanjang rekor kemenangan di kandang setelah menaklukan Persisam Samarinda dengan skor 3-1. Persisam Samarinda pada menit awal langsung mengambil inisiatif serangan dan sempat membuat tuan rumah terkejut. Namun Sriwijaya Fc tak tinggal diam dan melancarkan serangan balik yang dikomandoi oleh Keith Jerome Gumbs dibantu oleh kecepatan Rahmat Rivai dan Siswanto berhasil membuat pertahanan Persisam yang komandoi oleh Djayusman Triasdi pontang panting dan akhirnya sebuah penetrasi Siswanto membuat Supriyono terpaksa menjatuhkannya di dalam kotak penalti. Dan tanpa ragu wasit Thorik M. Al Katiri menunjuk titik putih. Kayamba yang menjadi eksekutor berhasil mencetak gol pertama Sriwijaya FC pada menit 12'.

Tidak lama berselang, Sriwijaya FC yang telah kehilangan tiga pilarnya Supardi, Firman Utina, dan Mahyadi Panggabean juga harus kehilangan Ferry Rotinsulu setelah kiper berjuluk "The Spiders" tersebut bertabrakan dengan Ahmad Jufriyanto pada menit 16'. Ahmad Jufriyanto sendiri kepalanya berdarah dan harus diperban, sedangkan Ferry langsung ke rumah sakit dan dagunya dijahit. Pada menit 19' Rivky Mokodopit masuk menggantikan Ferry.

Prediksi bakal sengitnya pertarungan di lini tengah terbukti. Lini tengah Sriwijaya FC yang dikomandoi oleh Ponaryo Astaman didampingi oleh Syamsul Chaeruddin dan Lim Joon Sik sempat dibuat kerja keras oleh Persisam yang lini tengahnya dikomandoi oleh Eka Ramdani didampingi oleh Akbar Rasyid, Yongki Ariwibowo, dan pemain serba bisa Fandy Mochtar.

Akhirnya gol kedua yang ditunggu datang juga  melalui Kayamba setelah berhasil mematahkan jebakan offside lini belakang Persisam dan melewati kiper Agung Prasetyo. Sebenarnya pada menit 45' babak pertama Persisam mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol, namun bola yang tingga diceploskan saja ke gawang urung masuk setelah terjadi salah paham antara duet penyerang Persisam Jerry Karpeh dan Cristian Gonzales. Dan hingga peluit jeda babak pertama berbunyi, Sriwijaya FC unggul 2-0.

Pada babak kedua, Persisam memasukkan Ronald Fagundez. Sedangkan Kas Hartadi memasukkan Hilton Moreira untuk menggantikan Rahmat Rivai. Masuknya Hilton menambah daya gedor dari Sriwijaya FC dan terbukti beberapa kali Hilton mengancam gawang Agung Prasetyo melalui sepakannya. Pada menit 60' pertandingan harus ditunda 10 menit karena gawang Persisam robek setelah Hilton moreira terjatuh menimpa jaring gawang. 

Pertandingan dilanjutkan kembali dan pada menit 67' kembali Hilton Moreira menebar ancaman kembali setelah tendangan voli yang mengarah ke gawang Persisam berhasil dibendung oleh Agung Prasetyo. Persisam tidak tinggal diam, pelatih Hendri Susilo pun memasukan Srdan  Lopicic untuk menggantikan  Fandy Mochtar yang terlihat frustasi.

Masuknya Lopicic merubah permainan Persisam, pada menit 76' hampir saja Persisam memperkecil kedudukan. Kesalahan dari penjaga gawang Rivky Mokodompit yang keluar dari gawang hampir saja membuat Persisam mencetak gol, namun gawang yang telah kosong tersebut berhasil dijaga dengan baik oleh Thierry Gatuessy.

Pada menit 79' Jerry Karpeh ditarik keluar digantikan Johan Yoga Utama, sedangkan Sriwijaya FC yang telah unggul tidak mengendorkan serangan dan memasukkan penyerang Risky Nopriansyah pada menit 83' untuk menggantikan Siswanto. Saling serang terus terjadi antara kedua tim, dan kembali Persisam kurang beruntung setelah tendangan Ronald Fagundez yang tinggal masuk ke gawang berhasil disapu oleh Muhammad Ridwan. Sebuah serangan balik cepat, Hilton yang membawa bola berhasil melewati beberapa pemain, namun upayanya dihadang oleh Supriyono di dalam kotak penalti. Dan lagi-lagi wasit menunjuk titik putih. Hilton yang maju sebagai algojo berhasil mencetak hol ketiga Sriwijaya FC pada menit 90'.

Persisam yang tidak patah arang masih menyerang dan berhadil memperkecil kedudukan pada menit injury time melalui tandukan Cristian Gonzales. Hingga peluit akhir dibunyikan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Sriwijaya FC tetap bertahan. Dengan kemenangan ini Sriwijaya FC kembali ke puncak klasemen dengan 30 poin diikuti oleh Persipura dengan poin yang sama namun Sriwijaya FC unggul selisih gol. Selanjutnya Sriwijaya FC akan menjamu tim Mitra Kukar FC pada tanggal 8 Maret 2012 di Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Susunan pemain
Sriwijaya FC : Fery Rotinsulu (19' Rivky Mokomdompit), Thierry Gatuessy, Ahmad Jufriyanto, Seftia Hadi, Muhammad Ridwan, Ponaryo Astaman (c), Lim Joon Sik, Syamsul Chaeruddin, Siswanto (83' Risky Nopriansyah), Rahmat Rivai (53' Hilton Moreira), Keith Jerome Gumbs.

Persisam Samarinda : Agung Prasetyo, Dias Angga Putra, Djayusman Triasdi, Supriyono, Joko Sidik, Eka Ramdani (c), Fandy Mochtar (66' Srdan Lopicic), Akbar Rasyid, Yongki Ariwibowo (48' Ronald Fagundez), Jerry Boima Karpeh (78' Johan Yoga Utama), Cristian Gonzales.
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy