Sriwijaya FC Hajar Mitra Kukar

Friday, March 9, 2012

(www.ligaindonesia.com)
Hujan gol terjadi di Stadion Gelora Jakabaring Palembang, kemarin (08/03) saat pertandingan antara tuan rumah Sriwijaya FC berhadapan dengan Mitra Kukar FC. Tercatat tujuh gol tercipta, masing empat ke gawang Mitra Kukar dan tiga ke gawang Sriwijaya FC. Pertandingan yang berlangsung panas ini berlangsung seru sejak menit pertama ketika Mitra Kuakar yang mengandalkan Jajang Mulyana sebagai ujung tombak, dibantu oleh Arif Suyono dan ulham Zamrun langsung mengambil inisiatif serangan pada menit pertama, namun serangan tersebut masih mentah dihadang oleh barisan pertahanan Sriwijaya FC yang dijaga oleh duet Thierry Gatuessy dan Nova Arianto, serta dibantu dua bek sayap Mahyadi Panggabean dan Supardi Nasir.

Petaka terjadi pada menit 9', Mitra Kukar yang mendapatkan serangan balik dari Sriwijaya FC kebobolan melalui gol Muhammad Ridwan setelah menuntaskan bola liar penetrasi Kayamba. Unggul 1-0 Sriwijaya FC terus menekan melalui kedua sayap yang diisi oleh Siswanto dan Muhammad Ridwan. Pada menit 12' Siswanto dengan kecepatannya melakukan crossing mengarah ke Kayamba, namun berhasil dibuang keluar oleh Piere Njanka. Sriwijaya FC sempat unggul melalui Kayamba, namun golnya dimenit 13' dianulir karena Kayamba terlebih dahulu offside.

Terus menyerang, Sriwijaya FC menambah keunggulan setelah sepak pojok yang dilakukan oleh Firman Utina dituntaskan oleh Thierry Gatuessy dengan tandukannya. Serangan bergelombang terus dilakukan pemain Sriwijaya FC, beberapa peluang sempat didapat melalui Firman Utina yang masih disapu oleh Ardan Aras, kemudian shooting Thierry yang mengarah ke gawang namun masih mudah ditangkap penjaga gawang Mitra Kukar, Hendro Kartiko.

Akhirnya serangan bergelombang yang dilakukan oleh pemain Sriwijaya FC membuahkan hasil setelah, Kayamba yang lolos dari jebakan offside memberikan umpan silang kepada Ridwan dan dituntaskan dengan baik oleh Ridwan untuk menjadikan keunggulan 2-0 untuk Sriwijaya FC. Sempat terjadi kericuhan akibat gol ini, karena sebelumnya assisten wasit telah mengangkat bendera tanda offside, tetapi wasit utama Jumadi Effendi menyatakan belum offside dan pertandingan dilanjutkan. Pemain Mitra Kukar yang berpatokan dengan asissten wasit menghentikan permainan, namun Kayamba tetap menggiring bola dan gol. Akibat kericuhan dan protes keras, wasit memberikan kartu merah untuk kapten Mitra Kukar, Hamka Hamzah. Namun akhirnya pada menit 45' babak pertama, Zulham Zamrun memperkecil kedudukan menjadi 3-1 melalui penati setelah Rivky Mokodompit menjatuhkan Zulham di dalam kota penalti.

Babak kedua tertinggal 3-1 Mitra Kukar tidak tinggal diam dan memasukkan Marcus Bent untuk menggantikan Arif Suyono. Masuknya Bent ternyata mempunyai pengaruh besar, terbukti karena terlalu fokus mengawal Bent, pemain Sriwijaya FC kecolongan melalui gol Jajang Mulyana pada menit 61' setelah tandukan Jajang tidak sempurna ditangkap Rivky dan malah masuk ke gawang sendiri. Namu  dibalas oleh Kayamba setelah kembali berhasil mematahkan jebakan offside Mitra Kukar, skor pun kembali berubah menjadi 4-2 pada menit 68'.

Tertingganl dua gol, pelatih Simon Mc Manemy memasukkan penyerang Anandito Wahyu untuk menggantikan Lee Saong Min. Sedangkan Kas Hartadi memasukkan Syamsul Chaeruddin untuk menggantikan Firman Utina dan memasukkan Rahmat RIvai untuk menggantikan Siswanto. Terbukti  strategi Simon lebih berhasil setelah Bent berhasil memperkecil kedudukan menjadi 4-3. Hingga peluit akhir berbunyi skor tetap 4-3 untuk Sriwijaya FC. Dengan ini Sriwijaya FC kokoh dipuncak klasemen sementara ISL dengan poin 33. Lawan Sriwijaya FC selanjutnya adalah Persiram Raja Ampat (17/03) di Gelora Sriwijaya Jakabaring, sekaligus partai pamungkas Sriwijaya FC diputaran pertama ISL.

Susunan Pemain

Sriwijaya FC: Rivky Mokodompit (gk), Nova Arianto, Thierry Gatuessy, Supardi Nasir, Mahyadi Panggabean, Lim Joon Sik, Ponaryo Astaman (c), Siswanto (79' Rahmat Rivai), Muhammad Ridwan (89' Seftia Hadi), Firman Utina (76' Syamsul Chaeruddin), Keith Jerome Gumbs.

Mitra Kukar FC: Hendro Kartiko (gk), Piere Njanka, Hamka Hamzah, Isnan Ali, Lee Saong Min (71' Anidito Wahyu), Ahmad Bustomi, Arif Suyono (50' Marcus Bent), Dirga Lasut (40' Victor Simon), Zulham Zamrun, Ardan Aras, Jajang Mulyana.
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy