Format Baru ISL Rentan Pengaturan Skor

Saturday, December 28, 2013

InfoSriwijayaFC - PT Liga Indonesia selaku regulator kompetisi Indonesia Super League (ISL) telah memutuskan jika format ISL musim kompetisi 2013/2014 menjadi dua wilayah. Klub peserta ISL musim depan yang berjumlah 22 klub akan dibagi menjadi dua grup. Setiap grup akan diambil empat klub dengan peringkat terbaik dan akan maju ke babak delapan besar.Hingga akhirnya empat klub terbaik akan diadu di babak semifinal hingga final.

Dilansir laman Palembang Pos (26/12), dengan adanya format dua wilayah maka akan rentan terjadi pengaturan skor antara klub yang berkepentingan dan berpeluang masuk ke delapan besar dengan klub yang tidak punya lagi kepentingan. Klub yang masuk dalam kategori tidak mempunyai kepentingan lagi dalam kompetisi adalah klub yang tidak mempunyai peluang lagi untuk masuk dalam babak delapan besar ISL dan tidak dalam ancama degradasi. Asumsinya adalah klub yang tidak mempunyai kepentingan lagi bisa saja "menyerahkan pertandingan" kepada klub yang masih berpeluang lolos ke babak delapan besar.

Asumsi yang muncul tersebut dijawab oleh oleh Sekretari Jenderal PSSI sekaligus CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono. Djoko Driyono menyebutkan jika pihaknya selaku regulator kompetisi akan mengawal jalannya pertandingan dengan menempatkan orang-orangnya ditiap pertandingan ISL. Djoko juga menambahkan jika pihaknya akan berusaha keras mencegah praktik kotor dalam sepakbola tersebut terjadi disepakbola Indonesia.

Pernyataan yang muncul dari Djoko Driyono sedikit memberikan masukan positif. Namun begitu, pernyataan tetaplah pernyataan. Akan hampa jika tidak diimplementasikan. Patut ditunggu gebrakan dari PT Liga Indonesia dan PSSI dalam pencegahan praktik kotor dalam sepakbola Indonesia. Tentunya kita berharap coreng kotor sepakbola nasional dapat semakin memudar dan menghilang. Dengan adanya kompetisi yang bagus maka akan berdampak bagus pula pada tim nasional Indonesia.
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy