Sriwijaya FC vs Persipura: Rivalitas Prestasi

Friday, May 25, 2012

(Dok. Pribadi)
Penuh emosi dan gengsi, begitulah gambaran kecil dari pertandingan Sriwijaya FC vs Persipura yang rencananya akan digelar pada 27 Mei 2012 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Persaingan prestasi membuat pertandingan saat kedua tim bertemu menjadi layaknya pertandingan final bagi kedua tim.

Beberapa kali kedua tim yang berbeda usia ini bersaing ketat untuk menjadi juara. Beberapa kali Sriwijaya FC berhasil menelikung Persipura dan menjadi juara, dan begitu juga Persipura sempat beberapa kali mempecundangi Sriwijaya FC.

Persaingan kedua tim ini mulai panas sejak kedua tim bertemu dimusim 2007/2008, dimana diwaktu yang sama Sriwijaya FC berhasil mencatatkan sejarah sebagai klub Indonesia pertama yang meraih Double Winners setelah menjuarai Liga Indonesia dan Copa Indonesia. Saat itu Sriwijaya FC bertemu dengan Persipura di partai puncak Copa Indonesia dan berhasil menjadi juara setelah menaklukkan Persipura memalui drama adu penalti.

Persaingan kedua tim terus memanas setelah dalam rentang waktu dua tahun, dua kali Persipura juga Sriwijaya FC bertemu, yaitu saat semifinal Copa Indonesia 2010 dan partai puncak Copa Indonesia pada tahun 2009 yang semuanya dimenangkan oleh Sriwijaya FC. Sehingga dalam tiga tahun total dua kali Sriwijaya FC telah bertemu dengan Persipura dipartai puncak Copa Indonesia dan sekali bertemu disemifinal. Semuanya dimenangkan oleh Sriwijaya FC yang juga menasbihkan Sriwijaya FC sebagai klub Indonesia pertama yang tiga kali berturut-turut menjadi kampiun Copa Indonesia.

Bahkan saat Final Copa Indonesia 2009 di Palembang, Persipura mogok bertanding karena merasa dicurangi oleh Sriwijaya FC. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi hasil pertandingan dan Sriwijaya FC tetap menjadi jawara Copa Indonesia.

Dibanding Sriwijaya FC, prestasi Persipura di Indonesia Super League (ISL) lebih mentereng, tercatat telah dua kali Persipura menjadi kampiun ISL. Sedangkan Sriwijaya FC sendiri belum pernah menjadi kampiun ISL, bahkan beberapa kali Sriwijaya FC terseok-seok didaftar klasemen ISL.

Dengan materi yang bertabur pemain berkualitas, pertandingan diprediksi akan berlangsung dengan ketat layaknya partai final bagi kedua tim. Sedikit banyak hasil pertandingan hari Minggu nanti akan mempengaruhi hasil akhir klasemen ISL. Dimana Sriwijaya FC saat ini masih kokoh di puncak klasemen sementara ISL dengan keunggulan 6 poin dari Persipura. Tentu Sriwijaya FC tidak ingin lengah dan bakal habis-habisan untuk mempertahan atau bahkan memperlebar selisih poin. Demikian juga Persipura juga pasti berambisi mendekati poin Sriwijaya FC untuk terus memperlebar asa menjadi juara. Sehingga layak jika pertandingan Sriwijaya FC vs Persipura menjadi salah satu duel terpanas di Indonesia dan bertajuk duel "Rivalitas Prestasi".
 

© 2014 INFO SRIWIJAYA FC - All Rights Reserved | Supported by : Blogger | Presented by : Info Sriwijaya FC | Desain by : Andrean Wahyu Effendy